Sabtu, 18 Desember 2010

MALARIA


Malaria bisa menyerang semua orang, baik lelaki maupun perempuan pada semua golongan umur dari bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Bila terserang penyakit ini, Anda bisa mengalami koma, kegagalan multi organ, bahkan kematian. Padahal, hal itu sebenarnya bisa dicegah dengan cara mudah dan murah.Sejauh ini ada beberapa cara paling aman bagi Anda agar dapat terhindar dari malaria. 
Pertama, Anda harus menghindari atau mengurangi gigitan nyamuk dengan cara tidur di dalam kelambu berinsektisida yang berada di dalam rumah pada malam hari. Anda dapat menghalangi nyamuk menggigit tubuh Andadengan berbagai cara.Cara yang sederhana dengan pemakaian dalam tubuh adalah dengan mengolesi badan dengan obat anti gigitan nyamuk. Selain pemakaian dalam tubh juga ada banyak cara dengan pemakaian lur tubuh. Cara tersebut adalah memakai obat nyamuk bakar atau menyemprot dengan obat nyamuk. Dan ada juga alat khusus untuk mengusir nyamuk yang bentuknya seperti raket.Jangan lupa memasang kawat kasa pada jendela atau ventilasi. 
Kedua, rajinlah membersihkan tempat-tempat hinggap atau istirahat nyamuk dan memberantas sarang nyamuk dengan membersihkan rumput dan semak di tepi saluran,. Hindarkan pakaian bergantungan dimana-mana.Pakaian yang tidak atau sudah dipakai jangan digantung-gantung.Pakaian dilipat dan disusun dengan rapi agar nyamuk tidak berdatangan. Sebaiknya rumah senatiasa dalam keadaan bersih dan pencahayaan yang cukup. Tidak ada tempat gelap dan lembab dengan memasang genting kaca dan membuka kaca. Lingkungan sekitar pun harus selalu Anda jaga kebesihannya. Rajin lah menyapu dan membersihkan semak-semak di sekitar rumah. Genangan air dapatditimbun dengan tanah atau pasir semua di sekitar rumah. 
Cara pencegahan lain adalah,Anda harus membunuh nyamuk dewasa dan jentik-jentik nyamuk. Membunuh nyamuk dewasa dapat dilakukan dengan cara menyemprot rumah-rumah dengan racun serangga atau insektisida agar mati. Jika ingin membunuh jentik-jentik nyamuk dapat dengan menebarkan ikan pemakan jentik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar