Sabtu, 11 Desember 2010

HINDARI OSTEPOROSIS

Siapakah yang tak kenal dengan kata osteporosis? Tentu saja Anda semua sudah tahu. Osteprosis merupakan pengeroposan tulang. Penyakit ini bisa terjadi kapan saja baik remaja maupun usia tua.Pada masa remaja yang mendominsi adalah proses pembangunan tulang, tapi dengan bertambahnya usia, tulang akan kehabisan stabilitas dan kekokohan.
Tapi tema seputar osteporosis tidak hanya terjadi setelah pertengahan usia saja. Tindakan pencegahan penyusutan tulang Anda harus dimulai dari usia anak-anak dan remaja agar sampai pada usia 30 tahun, massa tulang diperoleh dengan maksimal. Mulailah sejak awal dalam mencegah osteporosis!
Kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang merupakan arti yang luar biasa. Kebutuhan kalsium berubah-ubah seiring dengan berjalannya kehidupan.Siapa yang menderita osteporosis?Anda sebaiknya mengkonsumsi kalsium 1500 mg setiap harinya.ahukah Anda? Produk berkalsium terbaik terdapat pada produk susu, sayura hijau, ikan salem, ganggang dan produk kedelai. Dari banyak jenis makanan yang mengandung kalsium dapat dibuat variasi menu agar Anda tidak bosan. Minumlah kalsium terutama pada malam hari. Sel pembentuk tulang bekerja aktif pada malam hari dan setelh itu berhenti.
Untuk bisa mengkonsumsi dengan sempurna, pastikan Anda mengkonsumsi asupan vitamin D yang banyak. Bahan makannan yang mengandung vitamin D adalah terutama dari ikan-ikan besar.
Jangan lupa lakukan olahraga secara teratur.Olahraga fisik ini misalnya jalan kaki, joging, aerobik dan sebagainya. Olahraga fisik untuk memperbaiki keseimbangan dan kesehatan otot.Jika Anda penderita osteporosis, rajinlam minum obat disertai olahraga kesembuhan akan semakin cepat datang.Penyembuhan bukan dalam hitungan hari atau minggu tetapi tahun.
Hindari bahan makanan mengandung fosfat yang bisa menghambat kalsium seperti cola, produk bahan jadi dengan bahan-bahan pengawet dan produk sosis. Dan juga hindari faktor yang mengahambat penyerapan kalsium atau mengganggu pembentukan tulang seperti merokok, minum alkohol, garam (natrium) konsumsi obat dan jamu yang berlebihan

2 komentar:

  1. Banyak orang berpikir, untuk mencegah terjadinya osteoporosis dengan mengkonsumsi susu sebanyak-banyaknya, karena susu mengandung kalsium yang baik sekali untuk kekuatan tulang.Tapi yang harus diperhatikan, dalam mengkonsumsi susu disarankan tidak berlebihan dan harus diimbangi dengan konsumsi air putih sebanyak-banyaknya setiap harinya (minimal 8 gelas perhari). Karena air putih akan sangat membantu melarutkan susu yang sudah kita cerna dalam tubuh. Ok.. thx

    BalasHapus
  2. Artikelnya ok... Selain susu bermanfaat untuk mencegah osteoporosis tapi juga ada efek sampingnya lho... Susu bisa menyebabkan KANKER alias 'kantong kering' hehe... secara, susu sekarang harganya naik terusss.. (becanda) So,bener tuh artikelnya, kl kalsuim tidak selalu kita dapatkan hanya dari susu tetapi jug dari sumber makanan yang lainnya yang mudah dan murah kita dapatkan sehari-hari seperti tempe, tahu dan lainnya... oks.. thx

    BalasHapus