Sabtu, 11 Desember 2010

DIABETES MILITUS

 Siapakah yang terkena penyakit diabetes militus? Semoga jangan pernah terjadi pada Anda. Diabetes Militus lebih sering kita Anda kenal dengan kencing manis. Diabetes militus adalah keadaan berlebihnya kadar gula dalam darah yang disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal dalam tubuh. Pemicu diabetes militus adalah kurang aktifnya produksi hormon insulin pada organ pankreas. Macetnya produksi ini bisa terjadi diakibatkan menyusunnya jumlah sel penghasil hormon insulin sejak seseorang dilahirkan (bawaan atau keturunan).
Untuk pencegahan anda harus melakukan pengaturan makanan.
Bagi Anda penderita kencing manis, pengaturan makanan ini pada intinya mengikuti rumus 3J yaitu jumlah dihabiskan , jadwal diikuti, dan jenis dipatuhi. Makanan yang Anda konsumsi harus seimbang dengan komposisi energi dari karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat sebaiknya masih dominan 60-70 persen, lalu dilengkapi protein 10-15 persen dan lemak sekitar 20-25 persen.
Makanan yang Anda makan janganlah sembarangan.Hindari konsumsi makanan yang menyebabkan kadar gula darah naik, misalnya makanan manis dan berlemak.Jangan sampai diberikan zat gula atau bahan gula dalam waktu singkat dan mandadak.Gula harus dihindari untuk selamanya atau seumur hidup. Yang bisa Anda konsumsi adalah hidrat arang alami, seperti nasi dan jagung.Bagi anda juga harus mengurangi lemak makanan, contohnya lemak hewan, santan, segala macam minyak goreng, mentega dan produk olahan susu.
Selain itu, olahraga sangat penting bagi Anda. Olahraga tidak hanya mengurangi berat badan Anda atau mencegah kegemukan, tetapi juga menurunkan kadar glukosa dalam darah dan mencegah komplikasi.Latihan yang anda lakukan usahakan berkesinambungan dan terus menerus.Anda pilih olahraga yang berirama agar otot berkontraksi dan berileksasi secara teratur.Latihan dilakukan secara bertahap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar